SEJARAH LAHIR NYA NABI MUHAMMAD SAW.

Diposting oleh Ismail Dewantoro on Kamis, 13 Oktober 2011
SEJARAH LAHIR NYA NABI MUHAMMAD SAW.

Muhammad lahir di Mekah, pada hari Senin tanggal 12 Robi’ul Awwal tahun 571 Miladiyah bertepatan dengan tahun Gajah , yakni tahun penyerangan Raja Abrohah dari negara Yaman yang ingin menghancurkan Ka’bah. Ayahnya bernama Abdullah dan ibunya bernama Aminah.
Sejak Muhammad masih berusia 6 tahun beliau sudah yatim karena ayahnya sudah meninggal sejak usia kandungan ibunya baru 2 bulan. Sedangkan ibunya wafat ketika Muhammad kecil baru berusia 6 tahun, maka beliau menjadi yatim piatu. Sejak saat itu Muhammad diasuh oleh kakeknya yang bernama Abdul Mutholib.
Pada masa itu itu kaum wanita dikebiri hak-haknya. Para suami merasa malu apabila istrinya melahirkan anak wanita, sehigga si-anak dikubur hidup-hidup. Para wanita yang telah dewasa tidak mempunyai hak untuk mewarisi harta kedua orang tuanya, bahkan mereka diwarisi oleh anak lelakinya. Masyarakatnya hanya hidup dengan foya-foya. Zaman itu disebut zaman jahiliyah (zaman kebodohan). Bodoh bukan otaknya yang tumpul, namun bodoh karena mereka menyembah benda yang tidak bisa memberikan manfaat atau madlorot. Mereka selalu memuja berhala. Setiap tahun pekan raya tiba manusia di sana akan melakukan pemujaan terhadap dewa-dewa yang terletak di sekililing Ka’bah. Ada 360 dewa yang mereka sembah. Abu Sofyan adalah pemimpin Quraisy saat itu. , kakeknya Abdul Muthalib menyambut kelahiran beliau dengan gembira,ia membawa Nabi ke ka’bah dan kemudian di tempat inilah Nabi di beri nama Muhammad suatu nama yang belum pernah ada sebelumnya. Menurut para ahli , kelahiran Muhammad pada tanggal 12 Rabbiul Awwal tahun gajah atau 20 april 571 M. Adapun sebab dikatakan tahun gajah karena pada waktu itu Mekah sedang di serang oleh tentara nasrani di bawah pimpinan Abraham Gubernur dari kerajaan nasrani Abissynia yang memerintah di Yaman, mereka bermaksud menghancurkan Ka’bah dengan berkendaraan gajah namun belum sampai maksud mereka tercapai mereka sudah dihancurka ALLAH Swt. dengan mengirimkan burung Ababil, oleh karena itu orang arab menamakan bala tentara itu dengan pasukan gajah, sedangkan tahunnya disebut tahun gajah

Share This Post